Back

Ini Bedanya Homeschooling Dengan Sekolah Biasa

Perbedaan Antara Homeschooling dan Sekolah Formal

Homeschooling dan sekolah formal adalah dua pendekatan berbeda dalam memberikan pendidikan kepada anak-anak. Mari kita jelajahi perbedaan antara keduanya:

  1. Materi Pembelajaran:
    • Sekolah Formal: Di sekolah formal, materi pembelajaran telah ditentukan oleh pihak sekolah berdasarkan kurikulum pemerintah. Pelajaran diajarkan agar siswa dapat menghadapi ujian akhir dengan baik.
    • Homeschooling: Orangtua yang memilih homeschooling dapat membuat atau memilih kurikulum berdasarkan pengetahuan yang sesuai dengan usia anak. Materi belajar tidak hanya terbatas pada buku teks, melainkan juga melibatkan banyak praktik.
  2. Lingkungan Tempat Belajar:
    • Sekolah Formal: Anak-anak di sekolah formal belajar di lingkungan yang kondusif dengan fasilitas seperti layar LCD dan laboratorium. Mereka bertemu dengan guru dan teman sebaya serta mengikuti aturan sekolah.
    • Homeschooling: Orangtua memiliki kontrol penuh terhadap lingkungan belajar anak. Homeschooling dapat dilakukan di rumah atau tempat lain yang disepakati. Meskipun tidak ada teman sebaya di sekolah, perhatian tutor atau pengajar akan lebih fokus pada anak.
  3. Kemandirian:
    • Sekolah Formal: Siswa di sekolah formal harus mandiri dan berusaha mengejar materi sendiri atau dengan bantuan teman sekelas.
    • Homeschooling: Hanya ada satu tutor untuk satu murid dalam homeschooling. Perhatian tutor atau pengajar akan tertuju pada anak secara lebih intens.
  4. Karakter dan Sosialisasi:
    • Sekolah Formal: Interaksi dengan teman sebaya dan mengikuti aturan sekolah membentuk karakter anak.
    • Homeschooling: Anak-anak homeschooling mungkin memiliki lebih sedikit interaksi sosial dengan teman sebaya, tetapi mereka dapat mengembangkan karakter melalui interaksi dengan orangtua dan lingkungan sekitar.
  5. Fleksibilitas:
    • Sekolah Formal: Mengikuti jadwal dan aturan sekolah.
    • Homeschooling: Fleksibel dalam mengatur waktu dan metode pembelajaran.

Kesimpulannya, baik homeschooling maupun sekolah formal memiliki kelebihannya masing-masing, tinggal parents menyesuaikan mana yang paling cocok untuk anaknya. Untuk rekomendasi Homeschooling Terbaik, SKOLA adalah salah satunya.

Daftar Homeschooling di SKOLA sekarang, selain pembelajaran terfokus pada minat dan bakat anak, kegiatan tatap muka juga bisa meningkatkan kemandirian anak.

Leave A Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *